Tips Perawatan Sugar Glider Aspek Khusus Dalam Merawat Hewan Nocturnal

  1. Memberikan Kandang yang Sesuai

Sugar glider membutuhkan kandang yang cukup besar untuk memungkinkan mereka bergerak bebas dan memanjat. Kandang juga harus memiliki ventilasi yang baik dan aman untuk Sugar Glider, seperti terbuat dari bahan yang tidak mudah digigit atau dirusak. Letakkan kandang di tempat yang tenang dan tidak terkena sinar matahari langsung. Berikan juga mainan dan tempat bersembunyi untuk merangsang aktivitas dan kenyamanan mereka.

  1. Memperhatikan Pola Makan

Sugar glider merupakan hewan omnivora yang membutuhkan makanan yang bervariasi. Makanan mereka harus terdiri dari buah-buahan, sayuran, serangga, dan makanan khusus Sugar Glider yang tersedia di pasaran. Berikan makanan dengan jumlah yang cukup dan jangan lupa untuk menyediakan air minum yang segar setiap hari. Pastikan juga untuk tidak memberikan makanan manusia yang mengandung gula dan garam tinggi, karena dapat membahayakan kesehatan mereka.

  1. Memandikan Sugar Glider

Sugar glider tidak perlu dimandikan terlalu sering. Namun, Anda dapat memandikannya seminggu sekali menggunakan air hangat dan sampo khusus untuk Sugar Glider. Setelah dimandikan, segera keringkan tubuhnya dengan handuk atau pengering rambut dengan suhu rendah. Hindari memandikan Sugar Glider terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulitnya.

  1. Memberikan Perawatan Gigi

Seperti hewan lainnya, Sugar Glider juga membutuhkan perawatan gigi untuk menjaga kesehatan mulutnya. Berikan makanan yang keras dan kunyah yang dapat membantu menjaga gigi mereka tetap kuat. Jika Anda melihat tanda-tanda masalah gigi seperti gigi yang tanggal atau berlubang, segera bawa Sugar Glider Anda ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  1. Mewaspadai Potensi Penyakit

Sugar glider rentan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk infeksi saluran pernapasan, penyakit kulit, dan penyakit mata. Beberapa penyakit ini dapat ditularkan ke manusia, jadi penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Sugar Glider Anda. Jika Anda melihat tanda-tanda penyakit pada Sugar Glider, seperti mata merah, bersin-bersin, atau diare, segera bawa mereka ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang Sugar Glider harus dibersihkan setiap hari untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Kotoran dan sisa makanan harus dibuang, dan kandang harus dicuci dengan air hangat dan sabun atau desinfektan khusus hewan. Ganti alas kandang secara berkala untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan Sugar Glider Anda.