Reptil Mini Yang Menawan 6 Jenis Skink Yang Mudah Dipegang

Reptil Mini yang Menawan: 6 Jenis Skink yang Mudah Dipelihara

Skink adalah sejenis reptil kecil yang mudah dipelihara dan menjadi pilihan populer bagi para penggemar hewan peliharaan eksotis. Dengan beragam ukuran, warna, serta pola yang unik, skink menawarkan pesona yang tidak kalah dari reptil berukuran besar. Di antara berbagai jenis skink, berikut adalah 6 jenis skink yang dikenal mudah dipelihara dan cocok bagi pemula.

  1. Skink Lidah Biru (Tiliqua Scincoides)

Skink lidah biru berasal dari Australia dan Selandia Baru. Reptil ini memiliki ciri khas berupa lidah berwarna biru yang mencolok, yang digunakan untuk menakut-nakuti predator. Skink lidah biru mudah dirawat dan memiliki temperamen yang tenang. Mereka biasanya memakan serangga, buah, dan sayuran.

  1. Skink Fire Skink (Lygosoma Quinquelineatum)

Skink fire skink berasal dari Asia Tenggara. Reptil ini memiliki warna merah menyala dengan garis-garis hitam, yang membuatnya terlihat seperti api. Skink fire skink adalah reptil aktif dan senang berjemur. Mereka membutuhkan kandang yang hangat dan lembab, serta diberi makan serangga dan buah.

  1. Skink Rumah Kaca (Phelsuma Ornata)

Skink rumah kaca berasal dari Madagaskar. Reptil ini memiliki warna hijau terang dengan garis-garis merah dan kuning. Skink rumah kaca adalah reptil arboreal, yang berarti mereka hidup di pohon. Mereka membutuhkan kandang yang tinggi dan dilengkapi dengan ranting untuk memanjat. Skink rumah kaca memakan serangga dan nektar.

  1. Skink Dinding (Tarentola Mauritanica)

Skink dinding berasal dari Eropa dan Afrika. Reptil ini memiliki warna abu-abu atau coklat dengan bintik-bintik putih. Skink dinding adalah reptil nokturnal, yang berarti mereka aktif di malam hari. Mereka membutuhkan kandang yang hangat dan kering, serta diberi makan serangga.

  1. Skink Gardner (Anepisiens Gardneri)

Skink Gardner berasal dari Australia. Reptil ini memiliki warna coklat tua atau hitam dengan garis-garis kuning. Skink Gardner adalah reptil terrestrial, yang berarti mereka hidup di tanah. Mereka membutuhkan kandang yang luas dengan substrat yang dalam untuk menggali. Skink Gardner memakan serangga, cacing, dan buah.

  1. Skink Hutan (Scincella Lateralis)

Skink hutan berasal dari Amerika Utara. Reptil ini memiliki warna coklat atau abu-abu dengan garis-garis hitam. Skink hutan adalah reptil pemalu dan mudah stres. Mereka membutuhkan kandang yang tenang dan lembab, serta diberi makan serangga dan buah.