Reptil Eksotis 6 Jenis Iguana Yang Menarik Untuk Dipelihara

Reptil Eksotis 6 Jenis Iguana Yang Menarik Untuk Dipelihara

Iguana merupakan salah satu jenis reptil eksotis yang banyak diminati untuk dipelihara. Hal ini dikarenakan iguana memiliki bentuk dan warna yang menarik, serta memiliki sifat yang relatif jinak. Terdapat berbagai jenis iguana yang dapat dipelihara, namun berikut ini adalah 6 jenis iguana yang menarik untuk dipelihara:

1. Iguana Hijau (Iguana iguana)

Iguana hijau merupakan jenis iguana yang paling populer untuk dipelihara. Iguana hijau memiliki ukuran tubuh yang besar, dapat mencapai panjang hingga 2 meter. Iguana hijau memiliki warna hijau yang cerah, dengan bintik-bintik hitam di bagian punggungnya. Iguana hijau merupakan jenis iguana yang relatif mudah untuk dipelihara, namun membutuhkan kandang yang luas.

2. Iguana Kayu (Ctenosaura similis)

Iguana kayu merupakan jenis iguana yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Iguana kayu memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari iguana hijau, dapat mencapai panjang hingga 1,5 meter. Iguana kayu memiliki warna hijau yang gelap, dengan bintik-bintik hitam di bagian punggungnya. Iguana kayu merupakan jenis iguana yang aktif dan suka memanjat.

3. Iguana Biru (Iguana iguana rhinolophus)

Iguana biru merupakan jenis iguana yang berasal dari Kosta Rika. Iguana biru memiliki warna biru yang cerah, dengan bintik-bintik hitam di bagian punggungnya. Iguana biru merupakan jenis iguana yang relatif langka dan mahal.

4. Iguana Tempel (Cyclura nubila)

Iguana tempel merupakan jenis iguana yang berasal dari Karibia. Iguana tempel memiliki ukuran tubuh yang kecil, dapat mencapai panjang hingga 1 meter. Iguana tempel memiliki warna hijau yang cerah, dengan bintik-bintik hitam di bagian punggungnya. Iguana tempel merupakan jenis iguana yang suka memanjat dan bersembunyi di pepohonan.

5. Iguana Kecil (Iguana delicatissima)

Iguana kecil merupakan jenis iguana yang berasal dari Karibia. Iguana kecil memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, dapat mencapai panjang hingga 30 cm. Iguana kecil memiliki warna hijau yang cerah, dengan bintik-bintik hitam di bagian punggungnya. Iguana kecil merupakan jenis iguana yang relatif mudah untuk dipelihara, namun membutuhkan kandang yang hangat.

6. Iguana Laut (Amblyrhynchus cristatus)

Iguana laut merupakan jenis iguana yang berasal dari Kepulauan Galapagos. Iguana laut merupakan satu-satunya jenis iguana yang hidup di laut. Iguana laut memiliki warna hijau yang cerah, dengan bintik-bintik hitam di bagian punggungnya. Iguana laut merupakan jenis iguana yang langka dan dilindungi.

Perawatan Iguana

Iguana merupakan hewan yang membutuhkan perawatan khusus. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat iguana:

  • Kandang

Kandang iguana harus berukuran luas, setidaknya 2 kali panjang tubuh iguana. Kandang iguana harus dilengkapi dengan tempat untuk memanjat, tempat berlindung, dan tempat mandi.

  • Makanan

Iguana merupakan hewan herbivora. Iguana dapat diberi makan berbagai jenis sayuran, seperti sawi, kangkung, wortel, dan pepaya. Iguana juga dapat diberi makan buah-buahan, seperti pisang, pepaya, dan apel.

  • Temperatur

Iguana membutuhkan suhu yang hangat. Suhu kandang iguana harus dijaga antara 25-30 derajat Celcius. Iguana juga membutuhkan tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

  • Kelembapan

Iguana membutuhkan kelembapan yang tinggi. Kelembapan kandang iguana harus dijaga antara 70-80%.

Kesimpulan

Iguana merupakan hewan yang menarik untuk dipelihara. Namun, iguana membutuhkan perawatan yang khusus. Sebelum memutuskan untuk memelihara iguana, pastikan Anda telah memahami cara merawatnya dengan baik.