Reptil Eksotis 6 Jenis Chameleon Yang Menarik

Reptil Eksotis: 6 Jenis Chameleon yang Menarik

Bunglon (chameleon) adalah salah satu jenis reptil yang menarik dan unik. Mereka memiliki kemampuan mengubah warna kulit mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Bunglon juga memiliki mata yang dapat bergerak secara independen, sehingga mereka dapat melihat ke segala arah tanpa menggerakkan kepala.

Ada banyak jenis bunglon di dunia, tetapi ada 6 jenis yang sangat populer dan sering dijadikan hewan peliharaan. Berikut ini adalah penjelasan detail tentang masing-masing jenis tersebut:

  1. Bunglon Panther (Chamaeleo pardalis)

Bunglon panther adalah jenis bunglon yang paling umum dipelihara. Mereka berasal dari Madagaskar dan memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 45-55 cm. Bunglon panther memiliki warna kulit yang cerah dan beragam, mulai dari hijau, biru, kuning, hingga merah. Mereka juga memiliki tanduk kecil di kepala mereka.

  1. Bunglon Jackson (Chamaeleo jacksonii)

Bunglon Jackson berasal dari Kenya, Tanzania, dan Uganda. Mereka memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari bunglon panther, dengan panjang sekitar 60-80 cm. Bunglon Jackson memiliki warna kulit hijau terang dengan bintik-bintik hitam. Mereka juga memiliki tanduk yang lebih besar dan menonjol daripada bunglon panther.

  1. Bunglon Veiled (Chamaeleo calyptratus)

Bunglon veiled berasal dari Arab Saudi dan Yaman. Mereka memiliki ukuran tubuh yang terbesar di antara jenis bunglon lainnya, dengan panjang sekitar 80-100 cm. Bunglon veiled memiliki warna kulit hijau terang dengan bintik-bintik merah atau kuning. Mereka juga memiliki tanduk yang besar dan menonjol di atas kepala mereka.

  1. Bunglon Senegal (Chamaeleo senegalensis)

Bunglon Senegal berasal dari Afrika Barat. Mereka memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 20-30 cm. Bunglon Senegal memiliki warna kulit hijau dengan garis-garis hitam atau coklat. Mereka juga memiliki tanduk kecil di kepala mereka.

  1. Bunglon Madagaskar (Chamaeleo madagascariensis)

Bunglon Madagaskar berasal dari Madagaskar. Mereka memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 40-50 cm. Bunglon Madagaskar memiliki warna kulit hijau terang dengan bintik-bintik coklat atau hitam. Mereka juga memiliki tanduk kecil di kepala mereka.

  1. Bunglon Oustalet (Chamaeleo oustaleti)

Bunglon Oustalet berasal dari Madagaskar. Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar, dengan panjang sekitar 60-70 cm. Bunglon Oustalet memiliki warna kulit hijau terang dengan garis-garis hitam atau coklat. Mereka juga memiliki tanduk yang besar dan menonjol di atas kepala mereka.