Ras Burung Yang Menarik Cockatoo Atau Macaw?

Kakatua dan macaw sama-sama burung yang cantik dan menawan, namun mereka memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Ukuran

Kakatua umumnya lebih kecil dari macaw. Kakatua berukuran sedang memiliki panjang sekitar 30-35 sentimeter, sedangkan macaw berukuran sedang memiliki panjang sekitar 50-60 sentimeter. Macaw terbesar, macaw hyacinth, dapat tumbuh hingga sepanjang 100 sentimeter.

Warna

Kakatua umumnya memiliki warna putih, hitam, atau abu-abu. Beberapa spesies kakatua, seperti kakatua jambul kuning, memiliki warna yang lebih cerah, seperti kuning, merah, atau jingga. Macaw umumnya memiliki warna yang lebih cerah dan beragam, seperti biru, hijau, kuning, merah, dan ungu.

Paruh

Kakatua memiliki paruh yang kuat dan melengkung, yang mereka gunakan untuk memecahkan kacang dan biji-bijian. Macaw juga memiliki paruh yang kuat dan melengkung, tetapi paruh mereka lebih besar dan lebih tebal daripada paruh kakatua. Macaw menggunakan paruh mereka untuk memecahkan kacang dan biji-bijian, serta untuk memakan buah dan sayuran.

Jambul

Kakatua memiliki jambul yang khas di kepala mereka. Jambul ini dapat dinaikkan atau diturunkan tergantung pada suasana hati burung tersebut. Macaw tidak memiliki jambul.

Kecerdasan

Kakatua dan macaw sama-sama burung yang cerdas. Mereka dapat belajar berbicara dan melakukan trik. Kakatua umumnya lebih mudah dilatih daripada macaw.

Habitat

Kakatua ditemukan di Australia, Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini. Macaw ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah.

Makanan

Kakatua dan macaw sama-sama memakan biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Kakatua juga memakan serangga.

Umur

Kakatua umumnya hidup selama sekitar 20-30 tahun. Macaw dapat hidup lebih lama, hingga 50 tahun atau lebih.