Mengenal 6 Jenis Kura-kura Air Yang Cocok Dipegang Di Rumah

Mengenal 6 Jenis Kura-kura Air yang Cocok Dipelihara di Rumah

Memiliki hewan peliharaan dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan mental. Salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup populer adalah kura-kura air. Kura-kura air merupakan hewan reptil yang hidup di dalam air dan memiliki umur yang panjang. Berikut ini enam jenis kura-kura air yang cocok untuk dipelihara di rumah:

  1. Kura-kura Brazil (Trachemys scripta scripta)

Kura-kura Brazil merupakan salah satu jenis kura-kura air yang paling populer untuk dipelihara. Kura-kura ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 20 hingga 30 cm. Kura-kura Brazil memiliki warna yang menarik, dengan tubuh berwarna hijau zaitun dan garis-garis kuning di sepanjang tubuhnya.

  1. Kura-kura Merah (Trachemys scripta elegans)

Kura-kura merah merupakan jenis kura-kura air lain yang cukup populer untuk dipelihara. Kura-kura ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada kura-kura Brazil, dengan panjang sekitar 15 hingga 20 cm. Kura-kura merah memiliki warna tubuh yang merah menyala dengan garis-garis kuning di sepanjang tubuhnya.

  1. Kura-kura Telinga Merah (Trachemys scripta elegans)

Kura-kura telinga merah merupakan jenis kura-kura air yang paling umum dipelihara. Kura-kura ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 20 hingga 30 cm. Kura-kura telinga merah memiliki warna tubuh yang hijau zaitun dengan garis-garis kuning di sepanjang tubuhnya, dan memiliki bintik merah di kepalanya.

  1. Kura-kura Semak (Rhinoclemmys pulcherrima)

Kura-kura semak merupakan jenis kura-kura air yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Kura-kura ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 10 hingga 15 cm. Kura-kura semak memiliki warna tubuh yang hijau zaitun dengan bintik-bintik kuning di sepanjang tubuhnya.

  1. Kura-kura Kepala Ular (Chelodina longicollis)

Kura-kura kepala ular merupakan jenis kura-kura air yang berasal dari Australia. Kura-kura ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 20 hingga 30 cm. Kura-kura kepala ular memiliki warna tubuh yang abu-abu kehitaman dengan garis-garis kuning di sepanjang tubuhnya.

  1. Kura-kura Daun (Kinosternon scorpioides)

Kura-kura daun merupakan jenis kura-kura air yang berasal dari Amerika Utara. Kura-kura ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 10 hingga 15 cm. Kura-kura daun memiliki warna tubuh yang hijau zaitun dengan bintik-bintik kuning di sepanjang tubuhnya.