Memilih Ikan Hias Air Laut 7 Jenis Clownfish Yang Cantik

Ikan badut laut (clownfish) merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang populer dengan penampilannya yang cantik dan beragam. Ikan ini berasal dari perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Di Indonesia, terdapat banyak jenis clownfish yang dapat ditemukan di berbagai daerah. Berikut adalah 7 jenis clownfish yang cantik dan populer untuk dipelihara sebagai ikan hias air laut:

  1. Clownfish Ocellaris (Amphiprion ocellaris): Ikan clownfish ocellaris memiliki warna dasar oranye dengan garis-garis hitam vertikal. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, sekitar 10-15 cm. Clownfish ocellaris termasuk ikan yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula.

  2. Clownfish Maroon (Premnas biaculeatus): Ikan clownfish maroon memiliki warna dasar merah marun dengan garis-garis putih vertikal. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan clownfish ocellaris, sekitar 20-25 cm. Clownfish maroon termasuk ikan yang agak agresif, sehingga perlu dipelihara dengan ikan-ikan yang lebih kecil dan tidak agresif.

  3. Clownfish Clarkii (Amphiprion clarkii): Ikan clownfish clarkii memiliki warna dasar hitam dengan garis-garis putih horizontal. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, sekitar 10-12 cm. Clownfish clarkii termasuk ikan yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula.

  4. Clownfish Sebae (Amphiprion sebae): Ikan clownfish sebae memiliki warna dasar merah terang dengan garis-garis putih vertikal. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, sekitar 15-20 cm. Clownfish sebae termasuk ikan yang agak agresif, sehingga perlu dipelihara dengan ikan-ikan yang lebih kecil dan tidak agresif.

  5. Clownfish Percula (Amphiprion percula): Ikan clownfish percula memiliki warna dasar oranye dengan garis-garis hitam vertikal. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, sekitar 10-15 cm. Clownfish percula termasuk ikan yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula.

  6. Clownfish Tomato (Amphiprion frenatus): Ikan clownfish tomato memiliki warna dasar merah terang dengan garis-garis putih vertikal. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, sekitar 15-20 cm. Clownfish tomato termasuk ikan yang agak agresif, sehingga perlu dipelihara dengan ikan-ikan yang lebih kecil dan tidak agresif.

  7. Clownfish Black Ocellaris (Amphiprion melanopus): Ikan clownfish black ocellaris memiliki warna dasar hitam dengan garis-garis putih vertikal. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, sekitar 10-12 cm. Clownfish black ocellaris termasuk ikan yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula.