Kecerdasan Ekspresi Anjing Membaca Perasaan Dari Mata Mereka

Kecerdasan ekspresi anjing mungkin telah berkembang secara paralel dengan manusia. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa anjing dapat membaca ekspresi mata manusia, dan mereka menggunakan informasi ini untuk memahami perasaan kita.

Studi ini, yang diterbitkan dalam jurnal “Current Biology,” melibatkan 17 anjing yang ditunjukkan berbagai gambar wajah manusia. Wajah-wajah tersebut menunjukkan berbagai ekspresi, termasuk bahagia, sedih, marah, dan takut. Para peneliti menemukan bahwa anjing dapat membedakan antara ekspresi yang berbeda ini, dan mereka juga dapat mengasosiasikan ekspresi tersebut dengan emosi yang sesuai.

Misalnya, ketika ditunjukkan wajah yang bahagia, anjing lebih cenderung mendekati wajah tersebut dan mengibas-ngibaskan ekornya. Ketika ditunjukkan wajah yang sedih, anjing lebih cenderung menjauhi wajah tersebut dan menjilati wajahnya sendiri.

Ini adalah pertama kalinya sebuah studi menunjukkan bahwa anjing dapat membaca ekspresi mata manusia. Temuan ini menunjukkan bahwa anjing sangat cerdas dan mereka memiliki kemampuan untuk memahami perasaan kita.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anjing memiliki kemampuan yang luar biasa untuk berkomunikasi dengan manusia. Anjing menggunakan ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan vokalisasi untuk berkomunikasi dengan kita. Dengan memahami ekspresi mata manusia, anjing dapat lebih memahami perasaan kita dan mereka dapat berkomunikasi dengan kita dengan lebih baik.

Temuan ini memiliki implikasi penting untuk hubungan kita dengan anjing. Dengan memahami cara anjing membaca ekspresi mata kita, kita dapat lebih memahami anjing kita dan kita dapat berkomunikasi dengan mereka dengan lebih baik. Hal ini dapat membantu kita untuk memperkuat ikatan antara kita dan anjing kita dan membuat hubungan kita dengan anjing kita lebih bahagia dan lebih memuaskan.