Hewan Peliharaan Dan Terapi Penyembuhan Bagaimana Kura-kura Membantu Proses Kesembuhan

Hewan Peliharaan Dan Terapi Penyembuhan: Bagaimana Kura-Kura Membantu Proses Kesembuhan

Hewan peliharaan telah lama diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Penelitian menunjukkan bahwa memelihara hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Terapi penyembuhan dengan hewan, atau animal-assisted therapy (AAT), adalah jenis terapi yang menggunakan hewan peliharaan untuk membantu orang yang mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit fisik, gangguan mental, dan disabilitas.

Kura-kura adalah salah satu hewan peliharaan yang sering digunakan dalam AAT. Kura-kura adalah hewan yang tenang dan penyayang, dan mereka dapat memberikan kenyamanan dan dukungan bagi orang-orang yang sedang sakit atau stres.

Berikut adalah beberapa cara kura-kura dapat membantu proses penyembuhan:

  • Mengurangi stres

Kura-kura adalah hewan yang tenang dan tidak menimbulkan suara bising. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pada orang-orang yang sedang sakit atau stres.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Frontiers in Psychology” menemukan bahwa orang dewasa yang menghabiskan waktu bersama kura-kura mengalami penurunan kadar hormon stres, yaitu kortisol.

  • Meningkatkan suasana hati

Kura-kura adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Melihat atau bermain dengan kura-kura dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan depresi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Animals” menemukan bahwa orang dewasa yang berinteraksi dengan kura-kura selama 30 menit mengalami peningkatan suasana hati dan berkurangnya perasaan depresi.

  • Meningkatkan kualitas hidup

Memelihara kura-kura dapat memberikan rasa tanggung jawab dan tujuan bagi orang-orang yang sedang sakit atau stres. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of the American Geriatrics Society” menemukan bahwa orang dewasa yang memelihara hewan peliharaan, termasuk kura-kura, memiliki kualitas hidup yang lebih baik daripada orang dewasa yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Kura-kura adalah hewan peliharaan yang ideal untuk orang-orang yang sedang sakit atau stres. Kura-kura adalah hewan yang tenang, penyayang, dan dapat memberikan kenyamanan dan dukungan bagi mereka yang membutuhkan.