Hewan Peliharaan Dan Terapi Kesehatan Jantung Mengurangi Risiko Penyakit

Hewan peliharaan tidak hanya memberikan kasih sayang dan persahabatan, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi pemiliknya. Penelitian telah menunjukkan bahwa memelihara hewan peliharaan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan beberapa cara:

  • Menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat melepaskan hormon oksitosin, yang memiliki efek menenangkan dan dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang membelai anjing selama 10 menit mengalami penurunan tekanan darah dan denyut jantung yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang tidak membelai hewan peliharaan.
  • Meningkatkan aktivitas fisik. Memelihara hewan peliharaan dapat mendorong pemiliknya untuk lebih aktif secara fisik, seperti saat mengajak jalan-jalan atau bermain dengan hewan peliharaan mereka. Meningkatkan aktivitas fisik dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol.
  • Mengurangi stres. Stres merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Memelihara hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dengan memberikan pemiliknya rasa nyaman dan dukungan emosional. Berinteraksi dengan hewan peliharaan juga dapat membantu mengalihkan pikiran dari sumber stres dan meningkatkan suasana hati.
  • Meningkatkan kualitas tidur. Memelihara hewan peliharaan dapat membantu pemiliknya untuk tidur lebih nyenyak. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur dengan hewan peliharaan mereka cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur dengan hewan peliharaan. Kualitas tidur yang baik penting untuk kesehatan jantung karena dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain risiko penyakit jantung, memelihara hewan peliharaan juga telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan lainnya, seperti menurunkan risiko stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2. Namun, penting untuk dicatat bahwa manfaat kesehatan dari memelihara hewan peliharaan dapat bervariasi tergantung pada jenis hewan peliharaan, ukurannya, dan tingkat aktivitas fisik yang dibutuhkan. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan untuk memastikan bahwa hewan peliharaan tersebut cocok untuk Anda dan gaya hidup Anda.