Hewan Peliharaan Dan Terapi Hipertensi Pengaruh Positif Pada Tekanan Darah

Hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, telah lama dikenal memiliki efek menenangkan dan menenangkan pada manusia. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Bagaimana Hewan Peliharaan Membantu Menurunkan Tekanan Darah?

Ada beberapa cara bagaimana hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, diantaranya:

  • Membuat rileks. Hewan peliharaan dapat membantu membuat rileks dan mengurangi stres. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi pelepasan hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin.
  • Meningkatkan aktivitas fisik. Hewan peliharaan, terutama anjing, membutuhkan aktivitas fisik. Ini berarti Anda harus keluar untuk jalan-jalan atau bermain dengan hewan peliharaan Anda setiap hari. Aktivitas fisik dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan otot jantung.
  • Memberikan dukungan sosial. Hewan peliharaan dapat memberikan dukungan sosial yang penting bagi mereka yang menderita hipertensi. Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi perasaan kesepian dan isolasi, yang dapat berkontribusi terhadap hipertensi.

Jenis Hewan Peliharaan Terbaik untuk Penderita Hipertensi

Tidak semua hewan peliharaan cocok untuk penderita hipertensi. Hewan peliharaan yang terbaik untuk penderita hipertensi adalah hewan peliharaan yang:

  • Mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak perawatan
  • Tidak terlalu aktif atau agresif
  • Ramah dan mudah bergaul
  • Suka dipeluk dan dibelai

Anjing dan kucing adalah hewan peliharaan yang paling populer untuk penderita hipertensi. Namun, hewan peliharaan lainnya, seperti burung, ikan, dan kelinci, juga dapat menjadi pilihan yang baik.

Kesimpulan

Hewan peliharaan dapat menjadi teman yang baik dan sumber dukungan bagi penderita hipertensi. Hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan membuat rileks, meningkatkan aktivitas fisik, dan memberikan dukungan sosial. Jika Anda menderita hipertensi, bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah hewan peliharaan mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.