Hewan Peliharaan Dan Kesehatan Jantung Hubungan Positif Yang Menakjubkan

Hewan Peliharaan Dan Kesehatan Jantung: Hubungan Positif Yang Menakjubkan

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian paling umum di dunia. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.

Bagaimana hewan peliharaan dapat meningkatkan kesehatan jantung?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan hewan peliharaan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa di antaranya adalah:

  • Meningkatkan aktivitas fisik

Hewan peliharaan, terutama anjing, dapat mendorong pemiliknya untuk berolahraga lebih banyak. Berjalan-jalan bersama anjing dapat membantu meningkatkan detak jantung dan pernapasan, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Circulation pada tahun 2024 menemukan bahwa pemilik anjing memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung koroner daripada yang tidak memiliki anjing. Penelitian ini melibatkan lebih dari 3,800 orang, dan menemukan bahwa pemilik anjing yang berjalan-jalan bersama anjing mereka setidaknya 150 menit per minggu memiliki risiko 28% lebih rendah untuk terkena penyakit jantung koroner.

  • Menurunkan stres

Stres dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dengan memberikan rasa kasih sayang, dukungan, dan kenyamanan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine pada tahun 2024 menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tingkat stres yang lebih rendah daripada yang tidak memiliki hewan peliharaan. Penelitian ini melibatkan lebih dari 1.000 orang, dan menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah dan denyut jantung yang lebih rendah saat mereka merasa stres.

  • Meningkatkan sosialisasi

Berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan sosialisasi. Sosialisasi dapat membantu mengurangi kesepian dan meningkatkan perasaan bahagia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Personality and Social Psychology pada tahun 2024 menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tingkat kesepian yang lebih rendah daripada yang tidak memiliki hewan peliharaan. Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.000 orang, dan menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan lebih cenderung memiliki teman dan lebih sering terlibat dalam kegiatan sosial.

Kesimpulan

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan aktivitas fisik, menurunkan stres, dan meningkatkan sosialisasi.

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung Anda, pertimbangkan untuk memelihara hewan peliharaan. Hewan peliharaan dapat menjadi teman yang setia dan dapat membantu Anda menjalani gaya hidup yang lebih sehat.