Cara Menilai Kesejahteraan Mental Anjing Tanda-tanda Perilaku Yang Bahagia

Untuk menilai kesejahteraan mental anjing, baik dalam lingkungan rumah tangga, dalam beberapa hal dapat ditunjukkan melalui hal berikut:

Tanda-Tanda Perilaku Yang Bahagia:

  • Ekor Bergoyang: Inilah cara yang paling jelas. Ketika anjing Anda mengibaskan ekornya, itulah cara ia mengatakan bahwa ia ceria dan senang. Kekakuan dan ketekukan ekor dapat menunjukkan keadaan emosi yang berbeda.
  • Telinga Ke Atas: Ketika seekor anjing merasa bahagia dan aman, telinganya akan tegak dan mengarah ke depan. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendengar suara-suara di sekitar mereka dengan lebih baik. Berbeda halnya jika terjadi kebalikannya, posisi telinga yang mengarah ke belakang menandakan adanya rasa takut atau cemas.
  • Mata Berbinar: Mata anjing yang berbinar dan berseri merupakan pertanda bahwa anjing tersebut tengah bahagia. Berbeda halnya dengan anjing yang tengah merasa stress matanya akan terlihat sayu atau “mati”.
  • Posisi Tubuh Relaks: Anjing yang bahagia memiliki posisi tubuh yang rileks. Mereka akan terlihat tenang: berbaring dengan keempat kakinya terentang, atau duduk dengan kepala terangkat dan ekor yang menjuntai ke bawah.
  • Menunjukkan Perilaku Sosial yang Positif: Anjing yang bahagia akan menunjukkan perilaku sosial yang positif. Mereka senang bermain dengan anjing- anjing lainnya, pemiliknya, serta orang-orang di sekitarnya. Anjing yang bahagia juga akan menunjukkan rasa kasih sayang terhadap pemiliknya dengan cara menjilati muka atau tubuh sambil mengibaskan ekornya.
  • Makan dan Minum Dengan Teratur: Anjing yang bahagia akan memiliki nafsu makan dan minum yang normal. Sebaliknya, anjing yang stress atau depresi akan kehilangan selera makan dan minumnya.
  • Tidur Yang Cukup: Anjing yang bahagia akan tidur dengan nyenyak selama 12-14 jam sehari. Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan tidur anjing dapat bervariasi tergantung pada usia, ras, dan tingkat aktivitasnya.
  • Tidak Menunjukkan Tanda-Tanda Stres Atau Depresi: Anjing yang bahagia tidak akan menunjukkan tanda-tanda stres atau depresi, seperti: gelisah, mondar mandir, atau merengek. Jika Anda melihat anjing Anda menunjukkan tanda-tanda ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan.