Burung Cockatiel Atau Budgerigar? Burung Kicau Yang Menyenangkan

Burung Cockatiel Atau Budgerigar? Burung Kicau yang Menyenangkan

Baik burung cockatiel maupun budgerigar adalah jenis burung kicau yang populer dipelihara sebagai hewan peliharaan. Keduanya memiliki kicauan yang merdu dan menghibur, serta kepribadian yang menyenangkan. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kedua jenis burung ini.

Ukuran

Burung cockatiel umumnya lebih besar dari burung budgerigar. Cockatiel dewasa dapat tumbuh hingga berukuran sekitar 30-35 cm, sedangkan burung budgerigar hanya sekitar 17-20 cm.

Warna

Burung cockatiel memiliki berbagai macam warna bulu, termasuk putih, abu-abu, kuning, dan oranye. Sementara itu, burung budgerigar biasanya berwarna hijau dengan bercak-bercak hitam.

Kicauan

Kicauan burung cockatiel cenderung lebih keras dan jelas daripada kicauan burung budgerigar. Cockatiel juga lebih cenderung untuk meniru suara-suara manusia dan suara-suara lain di lingkungan mereka.

Kepribadian

Burung cockatiel umumnya lebih ramah dan mudah dijinakkan daripada burung budgerigar. Cockatiel juga lebih cenderung untuk berinteraksi dengan pemiliknya dan menunjukkan kasih sayang.

Perawatan

Kedua jenis burung ini membutuhkan perawatan yang cukup mudah. Mereka perlu diberi makan dengan makanan yang seimbang, air minum yang bersih, dan kandang yang cukup besar untuk terbang dan bermain. Burung cockatiel dan budgerigar juga perlu diajak terbang keluar kandang secara teratur untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka.

Umur

Dengan perawatan yang baik, burung cockatiel dapat hidup hingga 20 tahun, sedangkan burung budgerigar dapat hidup hingga 10 tahun.

Pada akhirnya, pilihan antara memelihara burung cockatiel atau burung budgerigar tergantung pada preferensi pribadi masing-masing. Keduanya adalah hewan peliharaan yang menyenangkan dan menghibur, sehingga Anda tidak akan salah pilih jika memelihara salah satu dari mereka.